Ibu, Inilah Obat Tradisional Pembunuh Parasit dalam Tubuh untuk Keluarga!

Di musim pancaroba, salah satu sebab banyak terjadinya penyakit menular adalah karena adanya parasit. Obat tradisional parasite dalam tubuh pun jadi banyak dicari oleh para ibu. Banyak sebab mengapa para ibu lebih memilih obat tradisional yang alami ini dibandingkan dengan obat-obatan kimia di apotik.

Hal itu tak lain tak bukan adalah selain mudah ditemukan, obat-obatan tradisional juga tak memberikan efek samping apapun saat penggunaan. Jadi tentunya para ibu akan tenang saat menggunakannya.

Nah, ibu sudah penasaran belum nih obat tradisional apa yang ternyata bisa ibu temukan di dapur untuk bisa menangkal segala parasit? Berikut ulasannya ya, bu!

Ibu, Inilah Obat Tradisional Pembunuh Parasit dalam Tubuh untuk Keluarga!

  • Cengkeh

Cengkeh, selain digunakan sebagai rempah dalam masakan ternyata juga bisa digunakan untuk menangkal parasit loh bu. Hal ini dikarenakan cengkeh atau syzygium aromaticum ini ternyata mengandung sifat antimikroba yang berasal dari tangkai bunga kering keluarga pohon myrtaceae. Sifat antimikroba cengkeh ini kemudian bisa menjadi penangkal parasit yang menjangkit penyakit-penyakit berbahaya seperti kolera, malaria, tuberkulosis, kudis dan lain sebagainya.

Jika ibu tertarik untuk menggunakan cengkeh sebagai obat parasit di rumah, ibu bisa langsung membuatkan wedang serai, wedang teh secang serta wedang berempah yang resepnya sangat mudah ya bu!

  • Bawang putih

Obat tradisional parasit yang kedua adalah bawang putih atau allium sativum. Bawang putih disebut juga sebagai antibiotik alami yang dapat memusnahkan lebih dari 60 tipe jamur penyebab parasit. Hal tersebut dapat dilakukan karena bawang putih ternyata kaya akan antioksidan.

Antioksidan bawang putih berasal dari enzim allicin dan ajoene yang secara serentak menghilangkan parasit penyebab penyakit cacing kremi, cacing kait dan jenis cacing bersel satu lainnya. Bila ibu ingin menggunakan bawang putih sebagai obat tradisional parasit, ada yang mengatakan bahwa sebaiknya bawang putih tidak dicincang saat ingin digunakan sebagai obat.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Sabun Muka Untuk Jerawat Mudah didapat!

Untuk mengatasinya, ibu bisa membuat jus sayuran ataupun buah yang dicampur dengan sedikit bawang putih. Sebenarnya ada pula cara yakni dijus atau dimakan langsung. Akan tetapi dari segi rasa mungkin kurang berterima ya bu?

  • Jahe

obat tradisional pembunuh parasit dalam tubuh 1

Zingiber officinale atau jahe adalah bahan dapur selanjutnya yang bisa ibu pergunakan untuk menangkal parasit. Tanaman tradisional yang terkenal dengan kehangatannya ini juga punya khasiat lain untuk melindungi pencernaan dan meningkatkan sirkulasi tubuh.

Selain itu, jahe juga dipercaya mampu mengobati gas dan mual yang terjadi apabila parasit mulai menjangkit. Karena khasiatnya yang sangat banyak itulah, jahe kemudian dijadikan obat untuk menghilangkan parasit yang ada dalam tubuh. Jika ibu tertarik, ibu bisa langsung membuat wedang jahe atau wedang ronde yang hangat di rumah!

  • Kunyit

Kunyit atau curcuma longa adalah bumbu dapur terakhir yang bisa manfaatkan sebagai obat penangkal parasit. Mungkin sebelumnya, para ibu lebih mengenal kunyit ini sebagai pewarna alami makanan saja. Tapi ternyata kunyit mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melawan kanker, anti-inflamasi, penyembuhan luka di tubuh loh!

Jika ibu tertarik untuk menggunakan bumbu dapur kunyit ini, ibu bisa langsung membuat kunyit asam atau minuman kunyit lainnya yang mudah di rumah ya bu!

Nah ibu, demikianlah bahan-bahan dapur yang bisa dijadikan obat tradisional penangkal parasit. Tapi selain melakukan penanganan, jangan lupa untuk terapkan pola makan dan pola hidup yang sehat ya!